Sabtu, 11 Mei 2013

Stadion Bandung Lautan Api Diresmikan


Bandung - Di bawah guyuran hujan, ribuan warga menyaksikan langsung soft launching peresmian Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) di Gedebaga Kota Bandung, Jumat malam (10/5/2013). Sebagai simbolis stadion diresmikan, Walikota Bandung Dada Rosada menggoreskan tanda tangannya di prasasti. Stadion ini menghabiskan dana pembangunan sekitar Rp 1,1 triliun.

"Stadion Bandung Lautan Api terbesar kedua di Indonesia setelah Gelora Bung Karno. Selesai hari ini seratus persen," ujar Dada dalam sambutanya di Stadion BLA, Gedebage, Kota Bandung, Jumat (10/5/2013) malam.

Acara tersebut dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Wagub Jabar Dede Yusuf, Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rakhman Baso, perwakilan DPRD Kota Bandung serta Jabar, unsur Muspida, pengurus KONI, dan tokoh masyarakat.

Sekitar 5.000 warga turut menyaksikan acara ini. Hujan yang mengguyur tak membuat kemeriahan soft launching stadion terganggu. 

Dada mengatakan, pembangunan stadion ini terwujud berkat kerjasama Pemkot Bandung dan Pemprov Jabar. Menurut Dada, dana sebesar Rp 685 miliar dikucurkan dari APBD Kota Bandung.

"Pembangunan stadion ini berawal dari cita-cita mengembalikan masa keemasan Persib. Kini saatnya Persib punya stadion bertaraf internasional. Ke depan Persib lebih berprestasi dan menjadi tim disegani," ucap Dada.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan atas nama Pemprov Jabar, menyambut baik menyambut baik soft launcing Stadion BLA. Ia menjelaskan, dana dari APBD Pemprov Jabar sampai 2012 itu 285 miliar rupiah, lalu Rp 100 miliar pada 2013 disediakan anggaran murni. Pada perubahan anggaran untuk fasilitas tambahan dianggarkan Rp 100 miliar.

"Jadi totalnya dari Pemprov Jabar sebanyak 485 miliar rupiah. Stadion Bandung Lautan Api ini ini kebanggaan semua warga Jabar. Jabar ke depannya perlu membangun beberapa stadion lagi untuk 44 juta masyarakatnya," kata Aher dalam sambutan.

Tepat pukul 21.50 WIB, Dada menandatangani prasasti sambil memencet tombol sirene. Raungan sirene itu disambut serentak tepuk tangan hadirin. Sebelumnya, acara dibuka dengan rampak kendang. Setelah itu tayangan video berupa testimoni dari sejumlah mantan pemain Persib antara lain Adeng Hudaya, Robby Darwis, dan Yusuf Bahtiar.

Stadion BLA berada di lahan seluas 24 hektare yang terdiri dari 5 hektare luas stadion dan 19 hektare area parkir dan taman. Stadion megah ini mampu menampung 38 ribu penonton. Beberapa di antaranya 60 kursi bagi penyandang disabilitas. Fasilitas lainnya tersedia 770 toilet.

Kursi pabrikan Inggris yang diklaim tahan api itu seperti terpasang di Stadion Olympic Australia, Stadion Bukit Jalil di Malaysia, dan Stadion Common Wealt Inggris. Kursi bercat hijau, kuning, dan biru, sengaja dipilih sebagai warna khas mewakili Kota Bandung.

Ruang bagi tamu VVIP pun terjamin keamanannya lantaran tertempel kaca antipeluru. Pembangunan stadion berkelas internasional ini dikerjakan PT Adhi Karya sejak awal 2009.