Jumat, 28 Juni 2013

Rupiah Melemah, Rp 9,930 per Dollar AS

Metrotvnews.com, Jakarta: Kembali positifnya sentimen global menahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tertekan lebih dalam atau hanya melemah tipis sebesar 10 poin pada Jumat (28/6) pagi.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta menjadi 9.930, sedangkan sebelumnya 9.920 per dolar AS.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada di Jakarta mengatakan peluang penguatan rupiah masih terbuka merespon pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) AS yang masih melambat dari estimasi. Sehingga ada memungkinkan untuk perpanjangan stimulus The Fed.

"Pergerakan nilai tukar rupiah mencoba untuk bertahan untuk tidak tertekan lebih dalam didorong estimasi The Fed melanjutkan stimulus keuangan," katanya.

Menurutnya, kondisi itu bisa mendorong dolar AS tertekan terhadap mata uang Asia, termasuk rupiah. Di sisi lain, rupiah dapat terapresiasi terbantu oleh kenaikan mata uang dolar Australia setelah pelaku pasar merespon positif Perdana Menteri yang baru.

Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menambahkan dalam tiga hari terakhir sentimen investor di pasar global membaik dengan beberapa faktor. Salah satunya pernyataan The Fed yang dikabarkan memperpanjang program pembelian obligasi jika data-data ekonomi AS tidak dapat mencapai target.

Namun, katanya, sentimen itu masih bersifat temporer karena investor masih menunggu kepastian dari The Fed mengenai pemangkasan program pembelian obligasinya.